Lead Program: PGRI
Workshop ini diselenggarakan di Grand Orri Cibinong, Bogor, Jawa Barat pada tanggal 3-5 Maret 2011. Total keseluruhan yang hadir dalam workshop ini 30 orang yang terdiri dari 1 fasilitator, 2 narasumber, 3 panitia, 12 guru SD, dan 12 guru SMP.
Rangkaian acara meliputi:
Hari Pertama
- Semua peserta sudah ada di ruang pertemuan sebelum jam 08:00 WIB
- Acara pembukaan dimulai pukul 08:00 WIB, yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PB PGRI (Drs. Giat Suwarno) dan 2 perwakilan dari CSOiEFA
- Setelah sesi pembukaan selesai, peserta saling memperkenalkan diri
- Coffe Break, 10.15 - 10.30 WIB
- Sesi I, peserta mendengarkan dan berdiskusi dengan narasumber dengan tema, "Bagaimana mengelola kelas yang aktif, inovatif, kreatif, dan ceria". Pada sesi ini peserta juga mendiskusikan tentang bagaimana otak manusia bekerja.
- Makan siang, 12.00-13.00 WIB
- Sesi II, 13.00-16.45 WIB, peserta berdiskusi tentang karakter siswa kaitannya dengan cara-cara belajar. Mereka juga tentang pemetaan pikiran, membaca cepat, mencatat tulisan dan membangun.
- Coffe break, 16.45-17.00 WIB
- Sesi III, Refleksi, 17.00-18.00 WIB. Peserta menceritakan apa saja yang mereka dapat selama sehari workshop, mereka juga diberi kesempatan untuk menyampaikan dan menanyakan masalah yang mereka hadapi.
Hari Kedua: Membangun Rencana Belajar
Narasumber: Agus Rohiman
- Semua peserta sudah berada di ruangan sebelum 08:00 WIB
- Sesi 1. Peserta menganalisa Kompetensi standard pendidikan (Keputusan Menteri Pendidikan No. 24 tahun 2006) dan menganalisa tujuan subyek.
- Sesi II, 09.00-10.15 WIB. Peserta menganalisa kompetensi standar dan kompetensi dasar (Keputusan Menteri Pendidikan No. 24 Tahun 2006) dan indikator perkembangan dalam kompetensi itu.
- Coffe Break, 10.15-10.30 WIB
- Sesi III, 10.30-12.00 WIB, peserta diminta membuat dan mengmbangkan silabus berbasis kompetensi standar dan kompetensi dasar
- Makan siang, 12.00-13.00 WIB
- Sesi IV, 13.00-14.00, peserta membuat rencana belajar berbasis analisis silabus
- Presentasi rencana belajar, 14.00-16.00 WIB
- Istirahat, 16.00-16.30 WIB
- Sesi V, 16.30-17.30 WIB, peserta diminta membuat program penilaian
- 17.30-18.00, peserta diminta mengerjakan tugas yang diberi narasumber
Day 3: Membuat materi studi berbasis ICT
- Peserta sudah ada di ruang workshop pada pukul 08.00 WIB
- Pengenalan program oleh narasumber, 08.00-09.00 WIB
- Grafik animasi, gambar, dan suara, 09.00-11.00 WIB
- Objek bergerak dengan arrow button dan fungsi dari tab on table, 11.00-12.00 WIB
- Makan siang, 12.00-13.00 WIB
- Mengubah format huruf dan menduplikasi objek, 13.00-14.00 WIB
- Insert file flash dan video dari VCD, 14.00-15.00 WIB
- Istirahat, 15.00-15.30 WIB
- Video menggunakan format RM dan menggunakan trigger, 15.30-16.30 WIB
- Mengerjakan projek, 16.30-18.00 WIB
Semua peserta mengikuti kegiatan workshop dengan serius dan antusias. Faktanya tak ada peserta yang meninggalkan ruangan saat sesi workshop berlangsung. Bahkan beberapa peserta mengatakan bahwa waktu yang tersedia sangatlah singkat. Mereka berharap workshop seperti ini akan diselenggarakan lagi, dan mereka bisa berpartisipasi pada workshop berikutnya itu.
No comments: